5 Tips Makan Sehat Saat Puasa Ramadhan

Tips Makan Sehat Saat Puasa – Saat bulan puasa, berbagai hidangan kuliner biasanya akan menghiasi layar kaca kita dengan menu special ramadhan yang kita sukai, belum lagi hidangan makanan / jajanan dipinggir jalan yang menghiasi selama ramadhan membuat kita ingin makan ini itu. Namun sayangnya tak semua makanan tersebut sehat untuk dimakan, terutama saat bulan puasa ramadhan. Karena menjaga pola makan sehat tentunya menjadi tanggung jawab kita pribadi agar tubuh kita tetap vit dan optimal selalu.

Saat puasa, tubuh kita memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat menjalani aktivitas keseharian kita dengan baik. Maka sebaiknya Anda mengikuti tips makan sehat selama menjalankan puasa Ramadan yang akan kami paparkan berikut ini, selamat membaca ya.

 5 Tips Makan Sehat Saat Puasa Ramadhan

  1. Hindari junk food
    Memang, secara umum mungkin makanan cepat saji atau jenis makanan olahan dapat kita peroleh dengan mudah. Akan tetapi hampir tak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itulah, jangan malas untuk memasak makanan sendiri bagi keluarga Anda tercinta di rumah selama bulan puasa Ramadan.
  2. Hindari makanan putih
    Yang dimaksud Makanan putih disini contohnya ialah roti, nasi, dan gula. Pengganti makanan putih yang lebih sehat dapat anda peroleh dari roti gandum, brown rice, maupun madu sebagai zat pemanis yang alami. Karena beberapa jenis makanan putih diproses dengan memakai komposisi yang kurang menyehatkan dan umumnya mengalami penurunan kadar pada nutrisi.
  3. Makanan yang tak membuat dehidrasi
    Dehidrasi merupakan masalah umum yang terjadi saat menjalankan puasa. Bila tidak ingin mengalami hal serupa, maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan air dan hindarilah minuman yang membuat anda dehidrasi (seperti kopi dan minuman soda).
  4. Hindari makanan yang digoreng
    Saat bulan puasa, Jajanan gorengan umumnya akan lebih banyak dari biasanya, mengundang kita untuk makan jajanan gorengan ini itu karena kita anggap lebih cepat saji dan terasa enak tentunya. Namun hindarilah Jenis Makanan yang digoreng, makanan yang terlalu manis, maupun terlalu pedas juga tak dianjurkan untuk dikonsumsi saat anda berpuasa. Karena semuanya cukup sulit untuk dicerna tubuh dan juga dapat memicu masalah kesehatan serius. Maka sebagai gantinya, olahlah makanan dengan cara direbus atau juga dipanggang, karena itu lebih sehat.
  5. Membatasi asupan karbohidrat
    Kurangilah porsi karbohidrat Anda selama puasa. Dan sebaliknya, perbanyaklah asupan serat dan juga protein. Tujuannya ialah untuk membuat perut anda kenyang lebih lama dan juga dapat melancarkan pencernaan Anda.

Artikel menarik lainnya :

Nah sobat tanamanobat, Demikian tips makan sehat kita selama menjalankan puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya, If you like it, don’t forget to share this article. semoga puasa anda dilancarkan dan dimudahkan oleh Alloh, hingga kita meraih kemenangan di hari yang fitri. Salam sehat.