5 Makanan dan Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Friday, June 9th, 2017 - Kesehatan

Makanan Sehat untuk Buka Puasa – Saat melakukan puasa, maka kebanyakan orang akan mengalami dehidrasi saat berbuka. Biasanya kita cenderung untuk langsung menyantap seluruh hidangan buka yang ada tanpa melihat efeknya.

Dengan mengonsumsi makanan berat seperti roti, gorengan, dan daging saat baru berbuka maka dapat membuat Anda sakit. Tak mau sakit perut pada saat berbuka bukan? Maka Konsumsi 5 makanan sehat sebagai takjil (pembuka) hidangan makan buka puasa, apa saja itu? Mari kita simak bersama.

  • Air

Apa hal pertama yang bisa Anda ambil saat waktu berbuka? Sepiring makanan lezat ataukah segelas air mineral? Umumnya kita mungkin akan memilih air, tapi kenyataannya ialah kebanyakan orang akan menghabiskan sajian makanan berat ketimbang memilih untuk minum air lebih dahulu.

Selama kita puasa, kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam lamanya, dalam kondisi ini tubuh akan membatasi produksi enzim dan juga level gula darah yang akan menurun. Saat kita kekurangan cairan dalam tubuh, maka kita akan merasakan dehidrasi, susah konsentrasi, sakit kepala, kelelahan, pening dan sulit fokus.

Maka dari itu untuk mengatasi rasa lelah sehabis bekerja seharian, sebelum mengonsumsi sepiring makanan, maka pastikan Anda meminum setidaknya segelas air mineral terlebih dahulu.

  • Buah kaya air

Saat berbuka, maka akan lebih baik dan sehat bila Anda konsumsi buah segar yang kaya air seperti buah semangka, anggur dan melon. Buah dengan kadar air yang cukup tinggi dengan mudah dicerna oleh pencernaan sehingga tubuh akan terisi kembali dengan nutrisi dan energi secara cepat.

  • Sup

Selain buah segar, sup merupakan ide baik sebagai teman anda untuk berbuka puasa. Tak hanya sehat, sup jelas tak berbahaya bagi perut dan gampang pula untuk dicerna. Sup berisi sayuran akan memberikan suntikan vitamin dan energi bagi tubuh Anda.

  • Ubi

Perut Anda dengan perlahan telah beradaptasi dengan makanan dan minuman kembali, maka waktunya untuk konsumsi makanan berkarbohidrat.
Eits, namun bukan sembarang makanan karbohidrat, namun makanlah ubi. Ubi memberikan sejumlah energi yang cocok untuk tubuh sehabis berpuasa. Ubi juga memiliki kandungan beta-karotin, vitamin C dan juga potassium. Untuk variasi Anda dapat mencampur ubi dengan kayu manis agar lebih terasa.

  • Telur

Mungkin memang jarang telur jadi primadona santapan untuk berbuka. Akan tetapi, Anda dapat memulainya dari sekarang untuk mengonsumsi telur pada saat berbuka. Selain termasuk makanan yang mudah dicerna, telur merupakan cara termudah untuk dapat mengembalikan protein dalam tubuh. Satu telor mengandung 6 g protein berkualitas dan juga 9 jenis amino acid yang sangat penting bagi tubuh.

Artikel Menarik Lainnya

Sekian ulasan ramadhan kita kali ini tentang 5 makanan dan minuman tepat untuk buka puasa, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga puasa kita lancar ya… salam.

5 Makanan dan Minuman Sehat untuk Buka Puasa | Planter | 4.5