Manfaat & Khasiat Coklat Kakao serta Ciri Tanaman

Tuesday, June 13th, 2017 - Tanaman Obat

Manfaat Coklat Kakao Ciri Tanaman –¬†Makanan coklat asalnya dari tanaman kakao ( tanaman ini memiliki nama latin : Theobroma cacao L.), pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya untuk anda, yuk mari kita simak bersama.

CIRI-CIRI TANAMAN KAKAO

Bagian BATANG : Pada masa awal pertumbuhan, tanaman kakao yang biasa diperbanyak dengan cara biji (generatif) akan mulai membentuk batang utama sebelum tumbuh bercabang-cabang primer. Letak pertumbuhan cabang-cabang ini disebut jorket, jorket ini tak terdapat pada tanaman kakao yang diperbanyak dengan cara vegetatif.
adapun Arah pertumbuhan cabang-cabang pada kakao ialah ke atas (orthotrop) dan juga samping (plagiotrop). Dari batang dan kedua jenis cabang ini seringkali ditumbuhi tunas-tunas air yang banyak sekali menyerap energi, tak heran bila dibiarkan tumbuh akan mengurangi pembungaan dan juga pembuahan.

Bagian DAUN : Warna daun kakao ialah hijau, Daun kakao merupakan jenis daun tunggal, yakni pada tangkai daun kakao cuma terdapat satu helaian daun aja. Bentuk tangkai bulat oval, dengan bangun memanjang. Ujung dan pangkal daun yang meruncing dengan tepi daunnya berbentukr rata.  Susunan pertulangan daun menyirip, tulang daun merupakan terusan dari tangkai daun, dan ibu tulang berjalan dari pangkal ke bagian ujung.

Bagian BUNGA : Bunga kakao tumbuh langsung dari bagian batang (cauliflorous). Bunga sempurna ukurannya kecil (diameter maksimum berukuran 3 cm), tunggal, tapi nampak terangkai karena seringkali sejumlah bunga muncul dari satu titik tunas.

Bagian BUAH dan BIJI : Buahnya tumbuh dari bunga yang diserbuki. Ukuran buahnya jauh lebih besar daripada bunganya, bentuk bulat hingga memanjang. Buah terdiri dari 5 daun buah yang memiliki ruang dan di dalamnya memiliki biji. Warna buahnya berubah-ubah. saat muda warnanya hijau sampai ungu. Jika masak kulit luar buah umumnya berwarna kuning.
Biji terangkai pada plasenta yang tumbuh dari bagian pangkal buah, pada bagian dalam. Biji dilindungi oleh salut biji (aril) lunak yang berwarna putih. Dalam istilah pertanian dikenal dengan pulp.

DESKRIPSI tentang TANAMAN KAKAO
Kakao adalah jenis tumbuhan tahunan yang berbentuk pohon, di alam bisa mencapai ketinggian hingga 10m. Meski demikian, dalam pembudidayaan tingginya dibuat tak lebih dari 5m namun dengan tajuk menyamping meluas. Hal ini dilakukan agar memperbanyak cabang yang produktif.

Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan jenis pohon budidaya di perkebunan yang asalnya dari negera Amerika Selatan, tapi sekarang ditanam di berbagai daerah tropika. Dari biji tumbuhan ini dapat dihasilkan produk olahan yang dikenal luas sebagai makanan cokelat.

Penyerbukan bunga dilakukan oleh serangga (utamanya lalat kecil (midge) Forcipomyia, semut yang bersayap, afid, dan beberapa jenis lebah Trigona) yang umumnya terjadi pada malam hari. Bagian Bunga siap diserbuki dalam jangka waktu beberapa hari.

Kakao umumnya merupakan tumbuhan menyerbuk silang dan punya sistem inkompatibilitas-sendiri. Walau demikian, beberapa varietas kakao dapat melakukan penyerbukan sendiri dan akan menghasilkan jenis komoditi bernilai jual lebih tinggi. Baca juga: Manfaat coklat kakao bagi kesehatan

Endospermia biji memiliki kandungan lemak dengan kadar yang cukup tinggi. Pengolahan pascapanen, pulp difermentasi selama 3 hari kemudian biji dikeringkan di bawah paparan sinar matahari.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN KAKAO

Kakao bubuk coklat memiliki kandungan beberapa mineral termasuk diantaranya magnesium, fosfor, kalsium, tembaga, Kakao padat juga memiliki kandungan 230 mg kafein dan 2057 mg theobromine per 100g, yang sebagian besarnya absen dari komponen lain dari biji kakao ini. kakao padat juga memiliki kandungan clovamide (N-caffeoyl-L-DOPA). Coklat bubuk yang kaya flavonoid, jenis asam fenolik.

MANFAAT dan KHASIAT TANAMAN COKLAT

Umumnya, kakao seringkali dianggap sebagai sumber zat kaya antioksidan seperti procyanidins dan flavanoids, yang kemungkinan memberikan sifat antipenuaan. Cocoa juga memiliki kandungan tingkat tinggi flavonoid, khususnya epicatechin, yang mungkin punya efek menguntungkan pada kesehatan jantung kita.

Baca juga: Manfaat binahong, manfaat tanaman alamanda, manfaat waru landak, manfaat eceng gondok, manfaat tanaman kemenyan.

Sebuah penelitan yang dilakukan pada efek dari kakao dan flavanols pada orang-orang Kuna Panama, yang tak lain adalah konsumen berat kakao. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang Kuna yang hidup di pulau-pulau memiliki tingkat signifikan yang lebih rendah dari penyakit jantung dan kanker bila dibanding dengan mereka di daratan yang tak minum kakao seperti pada pulau-pulau. Maka diyakini bahwa aliran darah akan membaik setelah mengkonsumsi kakao kaya flavanol bisa membantu untuk memperoleh manfaat kesehatan dalam hati dan organ lainnya.

KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KAKAO

Klasifikasi ilmiah merupakan cara ahli biologi dalam mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang sudah punah ataupun yang masih hidup, Klasifikasi (pengelompokan) adalah sebuah cara untuk memilah dan mengelompokkan makhluk hidup dalam golongan atau sebuah unit tertentu.
Tujuan klasifikasi makhluk hidup ini ialah untuk memudahkan dalam mengenali, membandingkan, dan juga mempelajari makhluk hidup. Membandingkan artinya mencari persamaan dan juga perbedaan sifat maupun ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI KAKAO

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Super divisi: Embryophyta
Subkingdom: Viridiplantae
Sub Divisi : Spermatophytina
Divisio (Pembagian): Tracheophyta
Ordo (Bangsa): Malvales
Classis (Kelas): Magnoliopsida
Genus (Marga): Theobroma L
Familia (Suku): Malvaceae
Species (Jenis): Theobroma cacao L.

Demikian ulasan kami kali ini tentang Manfaat & Khasiat Coklat Kakao serta Ciri Tanaman, semoga bermanfaat untuk anda semua.

 

Manfaat & Khasiat Coklat Kakao serta Ciri Tanaman | Planter | 4.5